Senin, 08 Februari 2010

Kiat-kiat Menghilangkan Kejenuhan



9 Kiat Menghilangkan Kejenuhan

Kejenuhan bisa melanda siapa saja, hal ini adalah normal adanya bagi manusia yang rutin menjalani aktivitasnya sehari-hari. Jenuh bisa menyebabkan seseorang hilang fokus dalam melaksanakan pekerjaannya dan cendrung menimbulkan efek malas. Hal ini kalo dibiarkan berlarut-larut akan berakibat fatal bagi kelangsungan hidup dan pekerjaanya.

Kejenuhan pasti akan menghinggapi siapa saja, baik itu pekerja, pengusaha atau pun pelajar. Apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan itu merupakan jalan terbaik untuk mengatasinya, banyak cara untuk menghilangkan kejenuhan seseorang dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari, ada yang mendengarkan musik, main games, jalan-jalan, bernyanyi, memancing, dan ada juga yang tidur.

Menghilangkan rasa jenuh adalah keharusan agar kehidupan kita kembali normal, jenuh adalah suatu hal yang biasa bagi manusia.
Rileks untuk beberapa saat adalah sangat baik, tinggalkan semua beban aktivitas anda dan hal ini berguna untuk mengendurkan syaraf-syaraf yang tegang juga melegakan pikiran anda. Lakukanlah hal-hal yang menyenangkan maka dengan demikian semua beban pekerjaan anda akan berkurang, dan jika sudah dirasa nyaman baru mulai kembali aktivitas pekerjaan anda. Yang Anda butuhkan adalah penyegaran dan rileksasi. Ini dia kiat-kiat yang bisa Anda ikuti:

1. Sediakan Waktu Untuk Rileks
Daripada memikirkan beban pekerjaan (tapi tidak ada solusinya), lebih baik gunakan waktu Anda yang sedikit itu untuk melakukan relaksasi. Ikuti saja caranya berikut ini: Lemaskan otot-otot tubuh dengan bertumpu pada tangan, lengan, muka, kepala, leher, bahu, dada, lambung dan punggung bawah, lalu terakhir ke daerah kaki. Tiap otot ditegangkan selama 5-7 detik kemudian dikendorkan selama 12-15 detik. Ulangi cara ini hingga 5 kali berturut-turut. Metode relaksasi ini bisa membantu untuk meredakan stres yang Anda alami.

2. Buatlah Manajemen Waktu Yang Baik
Kecerdasan mengatur waktu di kantor sesuai kebutuhan memang sangat diperlukan. Sebab hanya Anda yang tahu kapan waktu untuk bekerja keras dan kapan waktu beristirahat dengan santai. Saat bekerja, tentunya Anda harus berkonsentrasi penuh dengan pekerjaan. Dan saat bersantai, Anda pun harus benar-benar santai. Sehingga waktu Anda tidak habis tersita karena memikirkan pekerjaan.

3. Menata Ulang Ruang Kerja
Anda juga bisa mencegah stres dengan mengatur kembali ruang kerja Anda. Jauhkan meja dari tumpukan kertas atau file. Simpan kertas-kertas Anda dalam map, kotak, atau laci. Jika memungkinkan, pindahkan letak meja Anda menghadap matahari agar Anda dapat bekerja dengan cahaya alami dari luar.

4. Terapi Musik
Musik bisa membantu mengatasi kejenuhan dan stres. Pilihlah musik atau lagu kesukaan Anda. Kemudian dengarkan dan nikmati musik dalam keadaan rileks saat bekerja atau seusai pulang kantor untuk menghilangkan rasa penat. Putarlah musik selama 10-30 menit. Agar lebih rileks, pilih jenis musik yang tidak terlalu keras.

5. Manfaatkan Waktu Makan Siang Untuk “Penyegaran”
Hentikan semua pekerjaan saat jam makan siang tiba. Karena, waktu makan siang merupakan saat yang paling tepat bagi Anda yang telah setengah hari bekerja untuk mengisi perut sambil beristirahat sejenak. Manfaatkan waktu makan siang untuk menyegarkan pikiran dengan berkumpul bersama rekan atau sahabat di kantor. Bicarakan hal-hal ringan untuk mengembalikan kesegaran pikiran Anda. Sehingga saat kembali ke kantor, Anda sudah siap dengan energi dan semangat baru.

6. Berolahraga
Dengan berolahraga secara teratur (seminggu dua kali), Anda bisa melepaskan ketegangan yang kerapkali Anda alami di tempat kerja dan menggantinya dengan suasana rileks dan bugar pada tubuh. Pilihlah satu jenis olahraga yang Anda gemari. Anda bisa melakukannya di saat hari libur atau sepulang dari kantor. Dijamin, setelah badan Anda segar, stres pun perlahan hilang.

7. Manjakan Diri Anda Sejenak
Setelah beban pekerjaan yang menyita waktu, tidak ada salahnya bila Anda memberi waktu untuk memanjakan diri sendiri. Misalnya dengan menikmati pijatan di salah satu spa menggunakan minyak aromaterapi khusus penghilang stres. Bisa juga dikombinasikan dengan minyak esensial untuk memijat otot. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mengubah kamar mandi menjadi sarana relaksasi. Ini yang perlu Anda lakukan:
-Ciptakan suasana relaksasi dengan cahaya temaram atau lilin.
-Mandilah dengan air hangat.
-Pilih satu jenis minyak esensial lalu tambahkan beberapa tetes pada air mandi.
-Dengarkan musik lembut.

8. Selesaikan Masalah Dengan Bos atau Rekan Kerja
Jika Anda memiliki masalah dengan atasan atau dengan rekan sekerja, sebaiknya selesaikanlah segera. Siapa tahu, masalah itu yang selama ini menjadi pangkal penyebab stres Anda. Cobalah mencari jalan keluar dengan cara berdiskusi mengenai kesalahpahaman yang seringkali terjadi sehingga lingkungan kerjapun terasa nyaman dan menyenangkan bagi Anda.

9. Berpikir Positif
Belajarlah untuk selalu berpikir positif dalam menghadapi dan menyikapi segala permasalahan. Misalnya ketika atasan marah-marah pada Anda, bukan berarti ia sentimen atas hasil kerja Anda. Cobalah berpikir bahwa si bos sedang memberi masukan yang berguna bagi perkembangan kinerja Anda di kemudian hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar