Senin, 01 Februari 2010

Tips n Trik Berbusana

Setiap wanita pastilah ingin berbusana yang serasi, meskipun bentuk tubuh tidak ideal tapi kita bisa mensiasati agar terlihat pantas dan serasi, ada 3 hal yang harus diperhatikan didalam berbusana agar terlihat cantik dan serasi.

A.Pemilihan warna pakaian
Hal pokok yang perlu anda tahu dalam pemilihan pakaian ialah memilih warna yang sesuai dengan kulit. Sekiranya anda berkulit cerah pasti mudah memilih warna pakaian yang sesuai, tetapi bagaimana jika anda memiliki kulit berwarna gelap? Simak tip berikut supaya anda tidak salah memilih warna.

1. Jika anda berkulit cerah (putih) jangan sesekali mengenakan warna-warna pastel seperti coklat muda, biru muda atau pink.
2. Jika anda berkulit kuning langsat warna-warna tropika seperti jingga, hijau, merah, kuning dan biru merupakan pilihan yang terbaik.
3. Jika anda berkulit sawo matang pilihlah warna ungu, oren atau merah hati agar anda terlihat lebih menarik.
4. Jika anda berkulit gelap, warna-warna tanah yang lembut merupakan pilihan tepat untuk pakaian anda.

Jangan Lupa :
Menyesuaikan warna pakaian dengan waktu dan tempat. Warna gelap untuk acara formal sedangkan warna cerah untuk acara informal. Sesuaikan warna dengan karakter. Kalau anda ingin menampilkan sifat feminin, pakailah pakaian yang terdiri dari warna-warna pastel. Sebaliknya, jika ingin ingin menarik perhatian orang ramai, pilih pakaian yang berwarna terang.

Jangan sesekali :
Nekad menggunakan pakaian yang berwarna terlalu kontra dengan kulit. Contohnya, anda berkulit hitam dan mengenakan pakaian yang berwarna merah jambu terang. Penampilan anda akan terlihat berat sebelah dan kelihatan bodoh! Selain itu, anda juga tidak boleh mengenakan aksesori dari rambut hingga kaki yang warnanya tidak senada dengan warna baju yang dikenakan.


B. Pemilihan celana panjang
Bagi yang mempunyai tubuh badan berisi cobalah mengenakan celana panjang yang bisa memberi ilusi tubuh yang lebih tinggi dengan mengenakan celana panjang berpotongan ‘wide-leg’ dan mempunyai ‘details’ seperti bergaris vertikal. Sebaliknya, hindari celana yang berpotongan ketat. Untuk menyembunyikan pinggul yang berisi, pilihlah celana panjang bepotongan full-cut (melebar mulai dari pangkal paha hingga ke ujung celana) dan hindari celana panjang berpotongan ‘baggy’ atau yang tirus di bagian ujung.

Bila anda mempunyai sepasang kaki yang pendek, pilihlah celana panjang berpotongan lurus atau ‘wide-leg’. Jangan tergoda dengan celana berpotongan singkat karena akan memberi kesan kaki anda terlihat semakin pendek. Celana panjang yang bercawat pendek adalah pilihan tepat bagi mereka yang memiliki badan yang pendek. Bagi yang mempunyai badan yang panjang, pilihlah celana panjang yang mempunyai potongan pinggang yang tinggi.

Bagi anda yang memiliki punggung berisi, jangan ragu-ragu memilih celana panjang berpotongan penuh. Selain itu, anda juga boleh menyembunyikan bentuk punggung dengan memakai celana yang berkantung di belakang. Akhir sekali, bagi yang tergolong dalam kumpulan individu yang tidak berpinggang (boy’s figure), pilihlah celana panjang berpotongan lurus dengan kantung di bagian sisi. Jangan sesekali memakaicelana panjang ketat atau mengecil di bagian ujung.


C. Tip berpakaian untuk tubuh berisi
Memiliki tubuh pendek dan mungil, kadangkala menimbulkan masalah ketika ingin memilih pakaian yang sesuai. Namun ini tidak berarti masalah itu tidak boleh diatasi. Ada beberapa trik yang boleh dimanfaatkan untuk membuat tubuh terlihat lebih tinggi dan langsing:-

* Kenakan baju atau blous yang kemasannya menarik mata untuk turun secara vertikal. Kolar berpotongan ‘V’ merupakan pilihan yang baik.
* Masukkan baju atau blous ke dalam celana panjang supaya kaki anda kelihatan lebih panjang dan tentu saja anda akan tampak lebih tinggi.
* Pilih pakaian yang betul-betul sesuai dengan tubuh. Pakaian yang terlalu longgar seperti jaket yang besar akan membuat anda kelihatan lebih besar daripada size badan yang sebenarnya.
* Kenakan pakaian dengan motif atau corak yang bergaris vertikal.
* Jangan takut mengenakan skirt pendek. Sebaliknya hindari skirt yang labuhnya melepasi lutut atau hingga betis. Hal itu akan membuat tubuh seperti terpotong dan akibatnya anda tampil lebih pendek.
* Jangan lupa mengenakan sepatu atau sandal bertumit tinggi.

D. Tip berpakaian yang mesti anda tahu:

1. Pakaian yang menggunakan warna gelap akan menimbulkan kesan ramping pada tubuh badan.
2. Baju tanpa lengan, berleher tinggi (turtleneck), sangat sempurna untuk meminimalkan dada yang besar.
3. Tidak ada kata ‘maaf’ untuk garis celana dalam yang kelihatan. Carilah trik agar garis celana dalam anda tidak kelihatan. Salah satu caranya, gunakan celana dalam berpotongan ‘G-string’.
4. Satu lagi adalah tali coli. Ia tidak seharusnya diperlihatkan. Sediakan coli tanpa tali, yang dapat digunakan ketika anda mengenakan baju atau gaun tanpa lengan atau bertali halus.
5. Sebaiknya gantilah sepatu lama anda, sepatu yang sudah terlalu lama mempunyai warna yang pudar dan ini akan merusak penampilan.
6. Sepatu/sendal dengan tumit yang sangat rendah sukar untuk dipadankan dengan gaun atau kemeja. Tetapi ia baik untuk kesehatan kaki.
7. Anda beruntung jika memiliki leher yang jinjang. Ini karena bentuk leher seperti ini sesuai untuk baju yang berkolar tinggi. Jika leher anda sedikit lebih pendek, pakailah rantai atau kalung yang akan memberi kesan lebih cantik.

1 komentar:

  1. Terima kasih informasinya, berguna agar kita bisa tampil lebih cantik lagi

    BalasHapus