Senin, 22 Maret 2010

Tips Pola Hidup Sehat


Tips Pola Hidup Sehat

Akhir-akhir ini gaya hidup yang dianut oleh orang modern cenderung instan. Segala sesuatu didapat dengan cara mudah dan kemudian menimbulkan rasa malas. Kebiasaan-kebiasaan itu membuat kualitas kesehatan menjadi menurun. Untuk itu marilah kita mulai kembalikan kualitas kesehatan kita dengan langkah-langkah berikut.




1. Kurangi konsumsi makanan instan atau cepat saji. Pada makanan instan ada zat
pengawet yang jika di konsumsi secara berlebihan maka akan membahayakan kesehatan
karena bahan pengawet yang dalam jangka panjang dapat menjadi pemicu kanker.

2. Mulailah berolahraga secara rutin. kesibukan memang terkadang membatasi kegiatan kita, Namun tidak alasan untuk tidak berolahraga. Olahraga tidak harus dilakukan di tempat gym atau stadion saja.Misalnya, mulailah untuk menghindari lift dan memakai tangga secara manual. Selain dapat membakar kalori, naik tangga juga dapat menjadikan kaki lebih kuat.

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran. buah dan sayuran adalah nutrisi yang
diperlukan bagi tubuh. Selain memberikan asupan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, serat yang ada pada kedua bahan makanan tersebut dapat berguna untuk mengikat zat-zat yang berbahaya bagi tubuh, misalnya lemak yang berlebihan.

4. Jauhi Narkoba. Pemakaian obat-obatan terlarang dapat dipastikan akan merusak
kesehatan Anda. Bukan hanya fisik, namun pemakaian Narkoba juga dapat merusak jaringan otak dan membuat mental seseorang terganggu.


5. Hindari minuman beralkohol bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh. Konsumsi alkohol berlebihan akan merusak hati Anda. Perbanyak minum air putih, mineral 8 gelas sehari,

6. Hentikan kebiasaan merokok. Dari seluruh penelitian tentang kebiasaan merokok, seluruh hasil dari penelitian itu menunjukkan bahwa merokok itu dapat merugikan kesehatan.

7. Kurangi makanan berlemak tinggi, seperti mentega, margarine, dan santan. Lebih baik dapatkan asupan lemak alami dari kacang-kacangan atau biji-bijian. Lupakan jeroan, otak, makanan berkuah santan kental, kulit ayam dan kuning telur. Pilihlah daging tanpa lemak, makanan berkuah bening, susu rendah lemak, susu kedelai, yogurt, putih telur, dan ikan sebagai sumber protein yang baik

8. Pilih makanan atau minuman yang berwarna putih alami (bukan di-bleach).
Gunakan pewarna dari bahan makanan misalnya warnet coklatnya dari bubuk coklat,
merahnya strowbery, kuningnya kunyit, dan hijaunya daun suji. Jangan
menambahkan saus, kecap, garam dan bumbu-bumbu penyedap secara berlebihan.
Perbanyak makan buah dan sayuran.

9. Teknik pengolahan makanan juga mempengaruhi mutu makanan. Pilih makanan
dengan metode memasak dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar