Kamis, 07 Oktober 2010

Tips Mencegah Penyakit dimusim Hujan

Tips Mencegah Penyakit dimusim Hujan

Akhir tahun tiba, seperti biasa hujan mulai sering mengguyur,. Musim hujan bukan cuma hijaunya daun saja yang akan kita temukan, namun banyak sekali sisi pahitnya. Musim hujan tidak hanya mengundang banjir dan kemacetan, juga mengundang penyakit. Perubahan temperatur dan kelembaban mempengaruhi pertumbuhan distributor penyakit seperti virus dan jamur. Jangan lupa ketika bepergian selalu sediakan payung dalam tas. Bagi yang menggunakan kendaraan bermotor selalu siapkan jas hujan. Di bawah ini adalah tips – tips untuk mencegah penyakit yang biasanya mudah berkembang dimusim penghujan.

- Mencegah Flu

-Cuci Tangan
Sebagian virus flu menyebar lewat kontak langsung, jadi usahakan untuk mencuci tangan sesering mungkin pakai sabun dan kalau bisa dengan air hangat.

- Olah raga yang cukup
Meskipun sibuk dengan aktivitas kerja yang padat, usahakan olah raga paling sedikit seminggu dua kali. Orang yang rajin berolahraga dan tidak merokok, kurang beresiko terkena flu juga batuk dibandingkan orang yang tidak aktif secara fisik. Jadi kalau sampai sekarang anda masih merokok dan jarang berolahraga, ubahlah kebiasaan buruk tersebut.


- Jangan Menyentuh Muka
Biasanya virus flu masuk ke tubuh lewat mata, hidung atau mulut. Jadi usahakan jangan terlalu sering menyentuh bagian muka. Tidak terlalu sering menggosok mata atau memegang hidung bisa menghindari flu dan batuk.


- Konsumsi Makanan Mengandung Phytochemical
Phytochemical adalah bahan kimia alami yang ada pada tumbuhan yang memberi vitamin pada makanan. Zat jenis ini terdapat pada buah dan sayur segar berwarna hijau, merah dan kuning gelap, jadi usahakan memperbanyak konsumsi makanan jenis ini.

-Minum Banyak Air
Air berfungsi mengangkat racun-racun yang ada dalam tubuh. Orang dewasa butuh delapan gelas air dalam sehari. Usahakan untuk banyak minum air putih, untuk mengangkat racun-racun dalam tubuh.


Mencegah Demam Berdarah

-Rajin-rajinlah membersihkan selokan, bak-bak air tadah hujan dan menyiangi kebun untuk menghidari nyamuk berkembang biak.

-Usir nyamuk dengan obat nyamuk sebelum berangkat tidur, atau Anda bisa menggunakan obat nyamuk gosok.

Cegah Diare:

-Saat hujan turun tiap hari, selokan-selokan yang tersumbat biasanya meluap, dan membawa parasit cacing serta amoeba turut terangkat. Untuk mencegah diare biasakan untuk menjaga kebersihan, biasakan cuci tangan dan kaki setelah berpergian.

-Kenakan alas kaki untuk mencegah penyebaran kotoran atau parasit masuk lewat kulit.

-Hindari membeli makanan di sembarang tempat.

-Lebih baik memasak masakan sendiri untuk anak-anak kita karena lebih bersih, bergizi dan rasanya pasti lebih lezat, sesuai kesenangan mereka.

-Semoga tips ini bermanfaat dan kita tetap semangat beraktivitas meski dimusim penghujan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar